Istana Presiden IKN Diklaim Akan Menghijau dalam 2 Tahun

Sabtu, 10 Agustus 2024 – 14:46 WIB
Istana Presiden IKN Diklaim Akan Menghijau dalam 2 Tahun - JPNN.com Jogja
Patung Garuda IKN. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Simbol burung Garuda yang ada di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur diklaim akan menghijau paling lambat dua tahun ke depan.

Hal itu disebut oleh Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada Jumat (9/8).

"Terkait dengan IKN, Istana Garuda (berwarna) hitam, enggak usah khawatir, dua tahun oksidasi selesai akan menjadi hijau. Itu konsep green IKN," kata Thomas.

Menurut Thomas, proses oksidasi di Istana Presiden IKN membutuhkan waktu dua tahun.

"Kalau tidak hijau, saya mengundurkan diri," kata Thomas dalam forum itu.

Thomas mengatakan bahwa hal itu juga sudah dijamin oleh desainer IKN, I Nyoman Nuarta.

"Pak Nyoman Nuarta sudah menyampaikan itu bahwa maksimal dua tahun, mudah-mudahan warnanya berubah sesuai warna yang diharapkan warna hijau," ujarnya.

Meski mengaku tidak terlalu memahami soal seni maupun arsitektur, menurut Thomas, keberhasilan proses oksidasi setidaknya dapat dijumpai pada banyak patung di Indonesia, salah satunya patung kuda di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Otorita IKN menjamin bahwa istana Presiden di IKN akan menghijau paling lambat dua tahun ke depan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News