Menaker Bawa Kabar Baik Soal Pasar Kerja di IKN Nusantara

Kamis, 23 Februari 2023 – 11:15 WIB
Menaker Bawa Kabar Baik Soal Pasar Kerja di IKN Nusantara - JPNN.com Jogja
Lokasi IKN Nusantara. Foto: M Fathra Nazrul Islam/dokumentasi JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah pusat sedang mengebut pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Selama proses pembangunan, dibutuhkan banyak tenaga kerja agar rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan bisa terealisasi sesuai target.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengungkapkan banyak pasar kerja yang bisa diakses oleh masyarakat.

"Sebenarnya IKN milik masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, tetapi kami ingin teman-teman yang ada di sana ikut menikmati pembangunan di IKN tersebut," kata Ida Fauziyah saat ditemui di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rabu (22/2).

Menurut Ida, Kemenaker telah menyiapkan Balai Pelatihan Vokasi di Samarinda, Kalimantan Timur agar masyarakat lokal mampu terserap dalam proyek pembangunan IKN.

Selain itu, anjungan sistem informasi dan aplikasi pelayanan ketenagakerjaan (SIAPKerja) juga disediakan di kawasan itu untuk mempertemukan sejumlah perusahaan pembangunan IKN dengan para pencari kerja.

Dengan upaya tersebut, Menaker berharap masyarakat lokal tidak sekadar menjadi penonton di ibu kota baru.

"Kami melalui pelatihan mobile training unit (MTU) juga kami arahkan untuk membantu menyiapkan mereka masuk pasar kerja yang ada karena pembangunan IKN," ujar Ida Fauziyah.

IKN Nusantara di Kalimantan Timur membutuhkan banyak tenaga kerja. Menaker Ida Fauziah mengajak masyarakat untuk mengakses pasar kerja di IKN.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia