UGM dan Kampus di Singapura Berkolaborasi Bangun IKN

Selasa, 03 September 2024 – 11:06 WIB
UGM dan Kampus di Singapura Berkolaborasi Bangun IKN - JPNN.com Jogja
Ibu Kota Nusantara (IKN). Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Nasional Singapura (NUS) berkomitmen mendorong konsep pembangunan kota berkelanjutan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kolaborasi UGM dan NUS tersebut telah mencapai tahap diskusi ahli dan penyusunan proposal dari kedua pihak.

Rektor UGM Ova Emilia mengatakan kedua pihak telah merumuskan agenda penelitian dan akademik dalam upaya mengembangkan kota yang modern dan berkelanjutan.

“Dengan berfokus pada keberlanjutan pembangunan dan pengelolaan IKN, kami ingin mensinergikan kebijakan pemerintah dengan inovasi akademis dan solusi praktis, guna memastikan kelancaran pembangunan IKN yang sejalan dengan prinsip keberlanjutan, efisiensi dan inklusivitas,” kata Ova, Senin (2/9).

Ia berharap kolaborasi UGM dan NUS dapat mengatasi tantangan akuisisi pengetahuan dan kebijakan dalam membangun lingkungan yang berkelanjutan.

Sejumlah agenda kolaborasi tersebut meliputi meliputi mengatasi dampak pembangunan di masa depan dengan meningkatkan kualitas udara, pengelolaan air dan perbaikan iklim mikro di Ibu Kota Nusantara.

Presiden NUS, Tan Eng Chye merasa terhormat pihaknya bisa berkontribusi dalam pengembangan IKN.

“Kami berharap bisa berkolaborasi dengan UGM untuk mengetahui bagaimana dua perspektif dapat membantu mempertegas apa yang sudah kami semua usahakan,” kata Tan. (mcr25/jpnn)

Universitas Gadjah Mada dan Universitas Nasional Singapura berkomitmen membangun IKN dalam kolaborasinya.

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Sukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia