Ada Alat untuk Membantu Merawat Anggrek

Senin, 16 September 2024 – 09:00 WIB
Ada Alat untuk Membantu Merawat Anggrek - JPNN.com Jogja
Pemilik Indah Anggrek Pakem Hananda Hutami Putri memajang Anggrek Vanda Tricolor di Sleman, DIY, pada Jumat (13/9). ANTARA/Sutarmi

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Anggrek merupakan komoditas tanaman hias yang banyak digemari oleh warga Jogja.

Berdasarkan data Portal Informasi Indonesia pada 2019, sekitar 500 spesies atau 10 persen dari 5.000 spesies anggrek Indonesia adalah komoditas bernilai komersial untuk dikembangkan.

Di Jogja, produksi komoditas florikultura anggrek pada 2022 tercatat mencapai 66.684 pot.

Mengingat akan tingginya minat masyarakat akan tanaman anggrek, beberapa mahasiswa Universtias Gadjah Mada (UGM) mengembangkan perangkat pemeliharaan bunga anggrek berbasis Internet of Things (IoT).

Mahasiswa UGM tu adalah Ridwan Adyatama (Mahasiswa Kedokteran Hewan UGM), Faradila Azzahra Destriyanti (Kedokteran Hewan UGM), Fayza Najma Athiya (Kedokteran Hewan UGM), Arundina Wijaya (Teknologi Pertanian UGM), dan Keffa Auna Rasyidina (Akuntansi UGM).

Ketua Tim Mahasiswa UGM Muhammad Ridwan Adyatama mengatakan pengembangan perangkat dengan nama "Fitovare" didorong tingginya peminat anggrek di perkotaan, tetapi masih sering terkendala dalam perawatannya di dalam ruangan.

"Pencinta tanaman anggrek di daerah perkotaan masih sering kesulitan dengan perawatan anggrek, maka kami merintis dan mengembangkan Fitovare sebagai inovasi smart urban gardening di Indonesia," ujar dia.

M (uhammad Ridwan menjelaskan kit pemeliharaan anggrek yang ia kembangkan dilengkapi dengan perangkat IoT untuk memudahkan konsumen dalam memantau tanaman anggreknya.

Beberapa mahasiswa UGM menciptakan sebuah alat berbasis Internet of Things (IoT) untuk membantu merawat tanaman anggrek.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia