Oh, Ternyata Ini Akar Masalah Penyulut Demo Mahasiswa 11 April

Selasa, 12 April 2022 – 15:00 WIB
Oh, Ternyata Ini Akar Masalah Penyulut Demo Mahasiswa 11 April - JPNN.com Jogja
Pakar politik Universitas Widya Mataram AS Martadani Noor. Foto: Humas UWM

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Demonstrasi mahasiswa terjadi di sejumlah daerah di Indonesia pada Senin (11/4).

Pakar politik Universitas Widya Mataram (UWM) As Martadani Noor mengatakan demonstrasi yang bertendensi protes, mengkritisi maupun mendukung menjadi tolok ukur tingkat kepercayaan publik terhadap kebijakan dan kinerja pemerintahan saat ini.

Dalam kaitannya dengan wacana penundaan pemilihan umum 2024, menurut dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UWM itu, aksi protes maupun mendukung pemerintah menunjukkan ada pesan yang ingin disampaikan oleh mahasiswa kepada pemerintah.

Aksi protes itu, katanya, bisa dibaca sebagai indikator bahwa pemerintah dipersoalkan tingkat kinerja dan kebijakannya.

Mengapa mahasiswa protes, menurut dia, ada pesan yang disampaikan secara konvensional melalui komunikasi publik yang tidak dipahami oleh pemerintah.

“Demonstrasi oleh mahasiswa itu menunjukkan bahwa pemerintah dan para elit nasional gagal menangkap dan memahami pesan intelektual dan moralitas politik dari mahasiswa,” ujar dia.

Ketika mereka sampai turun ke jalan, lanjutnya, maka aksi itu menjadi representasi bahwa pemerintah eksekutif maupun legislatif tidak menangkap pesan yang mereka sampaikan. 

Oleh karena itu, perlu aksi turun ke jalan untuk meluruskan inkonsistensi kebijakan maupun sikap politik pemerintah.

Pakar politik UWN Yogyakarta As Martadani Noor mengungkapkan apa yang menjadi akar masalah penyulut aksi demonstrasi mahasiswa 11 April. Ternyata...
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News