Dosen UWM Mengabdi kepada Masyarakat Desa Banyuraden Sleman

Senin, 23 September 2024 – 10:00 WIB
Dosen UWM Mengabdi kepada Masyarakat Desa Banyuraden Sleman - JPNN.com Jogja
Pengabdian Masyarakat lewat program pemberdayaan desa binaan. Foto: dok pribadi

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Universitas Widya Mataram (UWM) mendukung pembangunan masyarakat lewat program pengabdian kepada masyarakat di Desa Banyuraden, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, DIY.

Program ini lewat skema Pemberdayaan Desa Binaan (PDB) yang didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Tim Dosen terdiri dari Ambar Rukmini, Dyah Titin Laswati, Kristiana Sri Utami, dan Dwiyati Pujimulyani memberdayakan masyarakat Desa Banyuraden melalui berbagai kegiatan dengan aspek produksi, manajemen, pemasaran, dan sosial kemasyarakatan. 

Empat mahasiswa juga dilibatkan dalam kegiatan ini yang mendapat merekognisi sebanyak 6-8 sistem kredit semester (SKS).

"Keterlibatan mereka dalam program ini sangat bermanfaat menambah pengalaman praktis terjun ke masyarakat," kata Ambar.

Menurutnya, mahasiswa tidak hanya menerima teori-teori di kelas, tetapi turun langsung membantu mangatasi masalah-masalah yang dihadapi masyarakat. 

"Tim PDB UWM memberdayakan Desa Banyuraden melalui penguatan brand image produk. Salah satu produk yang telah lama dikenal dari Banyuraden adalah lapis legit," katanya. 

Pihaknya melakukan branding agar lapis legit menjadi ciri khas desa tersebut. Selain itu upaya branding juga dilakukan pada produk empon-empon.

Program ini didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendi
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News