Update Pemilu 2024: 11 Parpol Sudah Mendaftar, 8 Diterima, 3 Masih Perbaikan

Sabtu, 06 Agustus 2022 – 10:51 WIB
Update Pemilu 2024: 11 Parpol Sudah Mendaftar, 8 Diterima, 3 Masih Perbaikan - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Partai politik peserta Pemilu 2024. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini sedang membuka pendaftaran dan ferivikasi partai politik (parpol).

Di Kabupaten Kulon Progo, KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat menggelar rapat koordinasi untuk memaksimalkan peran masing-masing lembaga itu.

Ketua KPU Kulon Progo Ibah Muthiah mengatakan KPU dan Bawaslu harus bekerja sama untuk memastikan tahapan verifikasi parpol berjalan dengan lancar tanpa pelanggaran atau sengketa.

"Kami bersinergi dalam rangka menyukseskan tahapan Pemilu 2024, khususnya verifikasi parpol," ujar dia, Jumat (5/8).

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Kulon Progo Tri Mulatsih dalam rapat koordinasi tersebut menyampaikan perkembangan terbaru pelaksanaan pendaftaran partai politik.

Dia mengatakan pemilik akun Sipol sampai saat ini berjumlah 41 parpol nasional dan delapan parpol Aceh.

"Sebelas parpol sudah mendaftar, delapan sudah kami terima, sedangkan tiga lainnya masih harus memperbaiki data dan dokumen pendaftaran," katanya.

Untuk memfasilitasi partai politik yang kesulitan selama masa proses pendaftaran hingga penetapan partai politik, KPU Kulon Progo membuka helpdesk konsultasi setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

KPU Kulon Progo menjelaskan update tentang proses pendaftaran dan ferivikasi partai politik. Sebelas parpol sudah mendaftar, delapan diterima.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News