Saatnya Pemilih Pemula Berperan dalam Pemilu 2024, Bisa Jadi Apa Saja?

Senin, 12 September 2022 – 17:05 WIB
Saatnya Pemilih Pemula Berperan dalam Pemilu 2024, Bisa Jadi Apa Saja? - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Pemilh pemula. Foto/ilustrasi: JPNN.com/Ricardo

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemilih pemula sudah bisa aktif dalam setiap kegiatan Pemilu 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berharap agar para pemilih pemula bisa menjadi agen yang mengampanyekan nilai-nilai demokrasi di lingkungan masing-masing.

Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho mengatakan bahwa para ketua organisasi siswa intra sekolah (OSIS) hasil Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) yang sudah menjadi pemilih pemula akan aktif dalam Komunitas Pelajar Peduli Demokrasi (Komppak) yang dibentuk KPU Bantul sejak tahun 2019.

"Melalui komunitas inilah nantinya para pemilih pemula akan menjadi agen-agen demokrasi di sekolahnya masing-masing. Selain di sekolah para pemilih pemula ini juga dapat menjadi agen-agen demokrasi di lingkungan tempat tinggalnya," katanya.

Dia mengatakan melalui pengalaman sebagai Ketua OSIS hasil Pemilos, kemampuan sebagai pemilih maupun penyelenggara pemilu tidak akan begitu sulit bagi para pemilih pemula.

"Mereka dapat aktif sebagai pemilih sampai dengan menjadi penyelenggara pemilu terutama KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara) pada Pemilu 2024," katanya.

Anggota KPU Bantul Musnif Istiqomah mengatakan para pemilih pemula di Bantul telah diperkenalkan berbagai tahapan pemilu sesuai dalam Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, mulai dari tahapan perencanaan program, anggaran sampai pengucapan sumpah janji peserta terpilih.

"Sebagai pemilih pemula juga diharapkan berpartisipasi aktif dalam tahapan-tahapan lainnya misalnya ikut mensosialisasikan hari dan tanggal pemilu mulai dari lingkungan terdekat masing-masing," katanya.

KPU Bantul pemilih pemula sudah mulai mengambil perannya pada pesta demokrasi Pemilu 2024. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News