Bus Pariwisata Tak Boleh Lagi Lewat Jalan Imogiri-Dlingo, Ini Jalur yang Disediakan

Jumat, 11 Februari 2022 – 18:33 WIB
Bus Pariwisata Tak Boleh Lagi Lewat Jalan Imogiri-Dlingo, Ini Jalur yang Disediakan - JPNN.com Jogja
Pihak kepolisian mengamankan tempat kejadian perkara bus menabrak tebing di bawah bukit bego, Senin (7/2). Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, BANTUL - Polres Bantul dan Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sepakat untuk tidak lagi memperbolehkan bus pariwisata melintas di jalan Imogiri-Dlingo. 

Kesepakatan tersebut sebagai respons atas kecelakaan maut di Bukit Bego, Imogiri, yang menewaskan 13 orang pada Minggu (6/2) lalu. 

Kapolres Bantul AKBP Ihsan mengatakan bahwa kesepakatan tersebut dicapai saat digelar focus group discussion (FGD) terkait manajemen dan rekayasa lalu lintas bus pariwisata di Imogiri. 

"Kami sudah adakan FGD dengan mengundang Pokdarwis di Mangunan, juga pihak lurah dan pemda. Intinya, dari forum diskusi sepakat untuk jalan Imogiri-Dlingo tidak boleh dilalui bus pariwisata," kata AKBP Ihsan, Jumat (11/2).

Menurut dia, kesepakatan tersebut ditempuh agar kejadian kecelakaan bus pariwisata tidak terulang, mengingat jalur tersebut banyak tanjakan dan turunan curam, serta banyak tikungan mengikuti topografi perbukitan.

Dengan demikian, kata dia, bus pariwisata yang akan berwisata ke kawasan Mangunan, Dlingo dilalihkan melalui melalui jalur utara atau wilayah Patuk Gunungkidul.

Jalur tersebut dinilai lebih memadai untuk kendaraan bus, baik untuk naik atau turun.

"Untuk pariwisata akan kami arahkan turunnya di jalur Patuk yang selama ini sudah ada jalurnya. Kami kembalikan ke situ. Jadi Imogiri-Dlingo tidak boleh untuk melintas bus pariwisata," kata Kapolres.

Bus pariwisata yang hendak ke daerah Mangunan tidak lagi boleh lewat jalan Imogiri-Dlingo. Sebagai gantinya, hanya bisa lewat jalur ini.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia