Seniman dan Budayawan Akan Terlibat dalam Penataan Malioboro, Siap-Siap Melihat Hasilnya

Selasa, 01 Maret 2022 – 10:12 WIB
Seniman dan Budayawan Akan Terlibat dalam Penataan Malioboro, Siap-Siap Melihat Hasilnya - JPNN.com Jogja
Suasana di Malioboro. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Penataan kawasan Malioboro kini memasuki babak baru setelah pedagang kaki lima (PKL) pindah ke Teras Malioboro 1 dan 2. 

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) punya rencana besar untuk menyulap kawasan Malioboro menjadi lebih indah dan berkesan. 

Salah satunya, Malioboro akak menjadi galeri seni dan budaya terpanjang di Indonesia. 

"Nanti akan menjadi galeri terpanjang," kata Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Laksmi Pratiwi ditemui di Kompleks Benteng Vredeburg, Senin (28/2) malam.

Dia menjelaskan konsep Malioboro sebagai galeri terpanjang itu masih akan dimatangkan bersama para akademisi di berbagai kampus, termasuk Institut Seni Indonesia (ISI), seniman, serta elemen masyarakat lainnya.

"Malioboro kan milik semua masyarakat, tidak hanya seniman, akademisi. Ada beberapa hal yang sudah kami siapkan untuk mendapat masukan-masukan," ujar dia.

Sebagai gambaran awal, menurut dia, sepanjang Jalan Malioboro bakal ditata sedemikian rupa dengan dihiasi karya-karya street art atau seni jalanan.

Beberapa pertunjukan seni dan budaya, kata dia, juga mulai digelar di Teras Malioboro 1 dan Teras Malioboro 2.

Pemerintah DIY sudah memiliki rencana besar untuk memperindah kawasan Malioboro. Bahkan, melibatkan seniman dan budayawan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia