Keamanan Digital Indonesia Bisa Terdampak Perang Rusia-Ukraina, Loh, Kok Bisa?

Jumat, 04 Maret 2022 – 22:35 WIB
Keamanan Digital Indonesia Bisa Terdampak Perang Rusia-Ukraina, Loh, Kok Bisa? - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Keamanan digital Indonesia bisa terdampak perang Rusia Ukraian. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Salah satu isu yang ramai dibicarakan dalam perang antara Rusia dan Ukraina adalah keamanan digital.

Rusia dituding telah melakukan serangkaian serangan digital terhadap Ukraina.

Sejumlah negara telah mengingatkan Rusia agar jangan menjalankan "operasi gelap" tersebut.

Peneliti Center for Digital Society (CfDS) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Treviliana Eka Putri mengatakan Indonesia bisa terdampak oleh konflik Rusia dan Ukraina.

Menurut Eka, peretasan yang dialami oleh Ukraina bisa juga merembet ke negara-negara sekitar sehingga keamanan digital menjadi isu penting yang harus dibahas.

Meskipun Rusia membantah telah melakukan serangan digital tersebut, sejumlah negara sudah mengeluarkan sikap dan ancaman sanksi.

Melihat situasi tersebut, menurut dia, ada kemungkinan bagi Rusia untuk menargetkan serangannya terhadap negara-negara pemberi sanksi maupun industri sektor privat dari negara tersebut.

Risiko ancaman siber merupakan satu hal yang patut diwaspadai, meskipun dampaknya tidak terlalu terlihat sebagaimana serangan militer secara fisik.

Perang antara Rusia dan Ukraina bisa berdampak pada keamanan digital di Indonesia. Begini penjelasan pakar telekomunikasi dari UGM.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia