PP Muhammadiyah Ingatkan Umat Muslim, Perang Rusia-Ukraina Bukan karena Agama

Jumat, 04 Maret 2022 – 15:25 WIB
PP Muhammadiyah Ingatkan Umat Muslim, Perang Rusia-Ukraina Bukan karena Agama - JPNN.com Jogja
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengusulkan hal ini untuk mencegah klitih.(Foto: ANTARA/HO/PP Muhammadiyah)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Perang antara Rusia dan Ukraina semakin memanas sehingga menyebabkan krisis kemanusiaan di daerah konflik. 

Hal itu membuat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyatakan sikap terkait konflik yang berpotensi meluas tersebut. 

Khususnya kepada umat Muslim di Indonesia, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menegaskan perang Rusia dan Ukraina bukan masalah agama sehingga tidak perlu terpengaruh oleh provokasi dan propaganda kedua belah pihak yang berusaha mencari dukungan politik internasional.

"Peperangan Rusia dan Ukraina bukanlah karena masalah agama," kata Haedar melalui keterangan tertulis diterima di Yogyakarta, Jumat (4/3).

Oleh karena itu, kata Haedar, umat Muslim hendaknya tetap menjaga kerukunan dan persatuan dengan cara menahan diri terhadap informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. 

PP Muhammadiyah, menurut dia, sangat prihatin dengan peperangan Rusia dan Ukraina yang tidak sekadar menimbulkan kerusakan fasilitas publik, tetapi juga korban jiwa, baik yang meninggal dunia maupun luka-luka.

"Sebagian korban adalah masyarakat sipil. Peperangan bukanlah jalan keluar menyelesaikan masalah," ucap Haedar.

Ia mendesak kedua belah pihak untuk dapat melakukan gencatan senjata dan mencoba mencari solusi damai melalui meja perundingan.

PP Muhammadiyah telah menyatakan sikap terkait perang antara Rusia dan Ukraina. Haedar Nashir menegaskan tidak ada konflik agama dalam perang tersebut.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia