Rilis Kertas Posisi, IMM DIY Desak Muhammadiyah Tolak Konsesi Tambang

Senin, 29 Juli 2024 – 10:01 WIB
Rilis Kertas Posisi, IMM DIY Desak Muhammadiyah Tolak Konsesi Tambang - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Konsesi tambang untuk ormas keagamaan. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merilis kertas posisi.

Dalam kertas posisi tersebut IMM DIY menanggapi isu terkait tambang.

Mereka mengungkapkan fakta, temuan dan analisis dalam perspektif multidisiplin guna menarik garis tegas posisi dan sikap DPD IMM DIY.

"Setidaknya terdapat analisis dari pandangan teologi, sosial-ekologis dan keadilan antargenerasi termuat di dalam 49 halaman yang kemudian melahirkan tujuh butir point sikap dan rekomendasi," tulis DPD IMM DIY dalam pers rilisnya.

Pertama, IMM DIY menuntut pemerintah untuk membatalkan PP No. 25 Tahun 2024 karena terdapat pertentangan dengan aturan di atasnya dan sarat akan transaksional politik kekuasaan.

Kedua, IMM DIY menolak ekstraktivisme pertambangan batubara di Indonesia dan mendorong PP Muhammadiyah untuk terlibat dalam membangun agenda pemulihan lingkungan hidup.

Ketiga, mereka merekomendasikan Muhammadiyah untuk segera menyatakan sikap menolak pemberian konsesi pertambangan yang telah jelas dan terang akan memperpanjang krisis sosial-ekologis serta memiliki dampak buruk terhadap warga terdampak langsung tambang batubara.

Kemudian, mengintegrasikan kesadaran ekologis, baik dalam perilaku pribadi warga persyarikatan maupun dalam berbagai kebijakan organisasi Muhammadiyah.

DPD Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah DIY kompak menolak konsesi tambang, berikut pernyataan mereka.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia