Gunung Merapi Bergejolak, 6 Objek Wisata di Sleman Ditutup

Jumat, 11 Maret 2022 – 16:15 WIB
Gunung Merapi Bergejolak, 6 Objek Wisata di Sleman Ditutup  - JPNN.com Jogja
Salah satu tempat wisata di Kaliurang, Kabupaten Sleman (Foto: Januardi/JPNN)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menutup sementara beberapa objek wisata di sekitar Gunung Merapi pada Kamis (10/3).

Penutupan tersebut merupakan imbas dari erupsi Gunung Merapi yang tercantum dalam Surat Edaran (SE) Dispar Kabupaten Sleman Nomor 360/248 Tanggal 10 Maret 2022.

Sebanyak enam objek wisata yang berjarak kurang lebih 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi tersebut terpaksa ditutup.

Keenam objek wisata tersebut adalah Bukit Klangon, Bunker Kaliadem, Petilasan Mbah Maridjan, Jalur tracking merapi, jalur sunrise Kaliadem jeep wisata dan wisata religi turgo.

Kendati demikian, beberapa objek wisata yang memiliki jarak masih aman tetap dibuka, seperti gerbang retribusi Kepuharjo dan Umbulharjo, kawasan wisata Kaliurang, Museum Terbuka Bakalan, Kopi Merapi dan Merapi Golf.

Sebelumnya Kepala BPPTKG-PVMBG-Badan Geologi Hanik Humaida mengatakan awan panas guguran yang terjadi pada 9-10 Maret 2022 mencapai jarak 5 kilometer.

"Potensi bahaya ke depan masih sama dan akan terus kami evaluasi mengikuti perkembangan aktivitas vulkanik yang terjadi," ujar dia.

Menurutnya, potensi bahaya berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya yang meliputi Sungai Boyong sejauh 5 kilometer, Sungai Bedog, Krasak dan Bebeng sejauh 7 kilometer.

Imbas erupsi Gunung Merapi beberapa objek wisata di Kabupaten Sleman ditutup sementara waktu. Ini daftarnya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News