Waduh, Kulon Progo Jadi Satu-satunya Kabupaten Berzona Merah di Pulau Jawa, Ini Penyebabnya

Sabtu, 12 Maret 2022 – 22:45 WIB
Waduh, Kulon Progo Jadi Satu-satunya Kabupaten Berzona Merah di Pulau Jawa, Ini Penyebabnya - JPNN.com Jogja
Kulon Progo berzona merah. Foto: Tangkap layar peta risiko Covid-19/Januardi/JPNN

jogja.jpnn.com, KULON PROGO - Website resmi pemerintah pusat covid19.go.id/peta-risiko menunjukkan peta risiko kenaikan kasus Covid-19 setiap kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Kulon Progo ternyata menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Pulau Jawa yang berstatus sebagai zona merah atau memiliki risiko kenaikan kasus tertinggi.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo Fajar Gegana mengakui wilayahnya cukup berisiko tinggi terhadap penularan Covid-19 karena Kulon Progo menjadi pintu utama masuknya pendatang, baik jalur darat maupun udara.

"Kami meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap potensi penularan Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat," katanya.

Ia mengatakan ada beberapa indikator wilayah berstatus zona merah Covid-19.

Salah satunya adalah jumlah penurunan kasus positif dan probable yang rendah dari puncak kasus, atau masih kurang dari 50 persen kasus tertinggi mingguan yang pernah terjadi di wilayah tersebut.

Di Kulon Progo jumlah penurunan kasus per minggu 20 persen dari jumlah kasus tertinggi sehingga masih jauh dari target yang ditentukan nasional.

Saat ini, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kulon Progo total kasus Covid-19 selama 2022 sebanyak 6.006 kasus dengan rincian 2.447 isolasi, 3.513 selesai isolasi, dan 46 meninggal dunia.

Kabupaten Kulon Progo menjadi satu-satunya wilayah berzona merah atau memiliki tingkat penularan kasus tertinggi di Pulau Jawa. Ini penyebabnya.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia