61 Kasus Covid-19 di DIY, Sudah Bisa Diuji WGS

Jumat, 22 Desember 2023 – 10:45 WIB
61 Kasus Covid-19 di DIY, Sudah Bisa Diuji WGS - JPNN.com Jogja
Ilustrasi: Covid-19 di Yogyakarta. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan bahwa sudah ada 61 kasus konfirmasi Covid-19.

Jumlah tersebut sudah memenuhi syarat untuk dilakukan uji whole genome sequencing (WGS) untuk mengetahui jenis atau varian Covid-19 yang ada di Jogja.

Uji WGS bisa dilakukan di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM).

Ketua Pokja Genetik FKKMK UGM Prof dr Gunadi mengatakan sampai saat ini mereka masih menunggu sampel Covid-19 dari Dinkes DIY untuk diuji WGS.

"Intinya kami masih menunggu. Jika dinas kesehatan merasa perlu, ya, mereka harus berkoordinasi dengan kami. Artinya RNA-nya harus kami terima," ujar Gunadi.

Gunadi menuturkan bahwa pemeriksaan WGS diperlukan untuk mengetahui jenis varian Covid-19 yang menginfeksi sejumlah warga DIY beberapa waktu terakhir.

Selama masa pandemi, Laboratorium WGS Pokja Genetik FKKMK UGM ditunjuk Balai Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan (Balitbangkes) untuk memeriksa sampel dengan metode WGS atau pengurutan keseluruhan genome pada virus Covid-19 di wilayah DIY dan Jawa Tengah.

Meski demikian, biasanya pihaknya baru melakukan WGS setelah terkumpul minimal sebanyak 48 sampel dengan CT-value di bawah 30.

Jumlah kasus Covid-19 di Jogja sudah memenuhi syarat diuji WGS untuk mengetahui varian apa yang menyebar di daerah ini.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia