Kasus Covid-19 Kembali Meningkat, Begini Anjuran Dinkes

Selasa, 19 Desember 2023 – 08:01 WIB
Kasus Covid-19 Kembali Meningkat, Begini Anjuran Dinkes - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Ciri khusus Covid-19 subvarian XBB. Foto: Ricardo/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kementerian Kesehatan RI mencatat ada peningkatan kasus konfirmasi Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir.

Pada 18 Desember 2023 jumlah kasus konfirmasi Covid-19 di Indonesia bertambah 234 orang sehingga total kasus aktif saat ini mencapai 2.204 orang, dimana 116 orang dinyatakan sembuh dan dua orang meninggal.

Atas meningkatnya kasus konfirmasi Covid-19 tersebut, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta meminta masyarakat segera melengkapi dosis vaksinasi sebagai upaya mengantisipasi lonjakan kasus saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kasi Pengendalian Penyakit Menular (P2M) dan Imunisasi Dinkes Kota Yogyakarta Endang Sri Rahayu mengingatkan bahwa ada kelompok rentan seperti orang dengan penyakit penyerta (komorbid) atau lansia.

Endang memastikan bahwa Dinkes Kota Jogja saat ini sedang mengajukan tambahan dosis vaksin Inavac ke Provinsi DIY. Masyarakat dapat mendapatkan vaksin Covid-19 secara gratis di fasilitas kesehatan.

"Kota Yogyakarta sedang mengajukan tambahan 100 dosis. Ditujukan sementara bagi yang belum vaksin sama sekali, kemudian yang belum booster dan kalau masih ada untuk lansia," kata dia.

Dinkes Kota Yogyakarta, lanjut Endang, saat ini tengah meningkatkan surveilans sebagai upaya siaga dalam menghadapi potensi penularan Covid-19.

Surveilans atau pengamatan digencarkan dengan memanfaatkan sistem informasi manajemen puskesmas (Simpus) yang terhubung dengan puskesmas di 14 kecamatan di Kota Yogyakarta.

Dinas Kesehatan Kota Jogja mengingatkan masyarakat untuk melengkapo dosis vaksin Covid-19 karena saat ini sedang terjadi lonjakan kasus konfirmasi.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia