BPPTKG Jawab Pertanyaan tentang Potensi Meletusnya Gunung Merapi, Ternyata...

Rabu, 16 Maret 2022 – 08:08 WIB
BPPTKG Jawab Pertanyaan tentang Potensi Meletusnya Gunung Merapi, Ternyata... - JPNN.com Jogja
Ilustrasi aktivitas Gunung Merapi Pekan Ini. Foto: dok BPPTKG

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Mengingat aktivitas kegempaan Gunung Merapi yang masih terus terjadi hingga saat ini, banyak pertanyaan tentang seberapa besar ancaman meletusnya gunung api itu.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) merupakan lembaga yang secara berkala mengamati aktivitas Gunung Merapi, termasuk memprediksi ancaman risiko bencana yang mungkin terjadi.

Setiap hari, BPPTKG memberikan pembaharuan informasi kepada masyarakat tentang aktivitas Gunung Merapi.

Kekhawatiran masyarakat tentang bencana Gunung Merapi juga berkaitan dengan penyelenggaraan G20 yang akan berlangsung di Daerah Iswimewa Yogyakarta (DIY).

Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengatakan bahwa berdasarkan data terkini, belum ada tanda-tanda Gunung Merapi bakal meletus dalam waktu dekat.

"Berdasarkan data pemantauan saat ini (14 Maret 2022), tidak ada indikasi akan terjadi erupsi besar di Merapi," kata Hanik melalui keterangannya kepada wartawan, Selasa (15/3).

Selain itu, jika Gunung Merapi erupsi, Kota Yogyakarta relatif aman dari bahaya bencana.

Kendati demikian, ia memperkirakan abu vulkanik tetap dapat menjangkau wilayah itu tergantung kekuatan erupsi serta arah angin.

DIY akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan G20. Ada pertanyaan tentang potensi meletusnya Gunung Merapi, begini jawaban BPPTKG.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia