Bacaan Satu Juz Ayat Al-Qur'an yang Tak Lagi Ada di Masjid Gedhe Kauman

Minggu, 03 April 2022 – 14:04 WIB
Bacaan Satu Juz Ayat Al-Qur'an yang Tak Lagi Ada di Masjid Gedhe Kauman - JPNN.com Jogja
Masjid Gedhe Kauman di Yogyakarta. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Masjid Gedhe Kauman yang terletak di Kota Yogyakarta telah melaksanakan salat Tarawih dengan berbagai aturan untuk menjaga protokol kesehatan (prokes).

Salah satu kebijakan yang diambil oleh pihak takmir masjid adalah mempercepat durasi salat Tarawih dengan memilih bacaan surat-surat Al-Qur'an yang pendek.

Biasanya, di Masjid Gedhe Kauman akan membaca satu juz ayat Al-Qur'an setiap kali pelaksanaan ibadah salat Tarawih.

Harapannya, selama satu bulan Ramadan jemaah bisa mengkhatamkan Al-Qur'an 30 juz.

"Sekarang lebih ringkas dan lebih singkat karena jika berlama-lama dikhawatirkan mudah terjadi penularan," kata Takmir Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta Jujuk Inhari Edi.

Selain itu, pada Ramadan tahun ini pihak takmir juga membatasi jumlah porsi makanan untuk berbuka puasa agar tidak terjadi kerumunan massa.

Setiap hari, ada 1.500 porsi menu makanan bakal tersaji di serambi masjid Gedeh Kauman dengan beragam menu yang selalu berganti.

"Dahulu, sebelum pandemi kami bisa menyajikan sampai 2.200. Sekarang kami kurangi karena takut terjadi kerumunan," kata Jujuk.

Takmir masjid Gedhe Kauman memutuskan untuk tidak lagi membaca satu juz ayat Al-Qur'an pada salat Tarawih bulan Ramadan tahun ini.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News