Jumlah Lokasi Salat Idulfitri di Jogja, Masjid Gedhe Kauman Menampung Jemaah Besar

Kamis, 13 April 2023 – 11:43 WIB
Jumlah Lokasi Salat Idulfitri di Jogja, Masjid Gedhe Kauman Menampung Jemaah Besar - JPNN.com Jogja
Lokasi salat Idulfitri di Jogja. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Sejumlah lokasi seperti masjid, musala dan lapangan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menjadi tempat menggelar salat Idulfitri 1444 Hijriah.

Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, Pemberdayaan Zakat, dan Wakaf Kanwil Kemenag DIY Nurhuda mengatakan saat ini sudah tercatat 970 lokasi yang akan dijadikan tempat salat Id.

"Sudah hampir 1.000 lokasi, sampai saat ini masih kami lakukan pendataan," kata dia pada Rabu (12/4).

Menurut dia, data lokasi salat Idulfitri tersebut tidak jauh berbeda dibandingkan tahun lalu meski jumlahnya masih memungkinkan bertambah.

"Jumlahnya masih berkembang terus. Hari Jumat nanti akan kami rapatkan kembali bersama teman-teman penyuluh yang bertugas melakukan pendataan," katanya.

Dari 970 lokasi yang terdata, menurut dia, sebagian menyatakan bakal menggelar salat Idulfitri pada 21 April 2023 dan sebagian lainnya menyatakan menunggu keputusan pemerintah berdasarkan pada hasil sidang isbat.

"Perbedaan pelaksanaan salat Idulfitri bukan hal yang baru dan kami dari Kemenag tentu melakukan upaya-upaya memberikan pemahaman bahwa dengan perbedaan itu masyarakat tetap saling menghormati dan menghargai," ujarnya.

Ia mengatakan untuk pelaksanaan salat Idulfitri yang akan melibatkan jemaah cukup besar di Kota Yogyakarta diperkirakan berlangsung di Masjid Syuhada Yogyakarta serta Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta.

Sejumlah masjid, musala dan lapangan akan menjadi tempat berlangsungnya salat Idulfitri di Jogja. Masjid Gedhe Kauman akan menampung jemaah dalam jumlah besar.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News