Pasien Gagal Jantung jangan Asal Berpuasa, Wajib Perhatikan Beberapa Hal Penting Ini

Senin, 11 April 2022 – 11:30 WIB
Pasien Gagal Jantung jangan Asal Berpuasa, Wajib Perhatikan Beberapa Hal Penting Ini - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Syarat pasien gagal jantung yang ingin berpuasa. Foto: Laman MSN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Beberapa orang yang memiliki penyakit dengan risiko yang tinggi harus berhati-hati jika ingin berpuasa. 

Salah satu yang perlu mendapat perhatian khusus adalah pasien gagal jantung yang ingin tetap berpuasa sepanjang bulan Ramadan.

Secara umum, puasa bermanfaat bagi kesehatan jantung, antara lain dapat menurunkan asupan kalori termasuk jenis makanan berlemak yang tinggi kolesterol atau makanan yang memicu peningkatan trigliserida. 

Contoh makanan tinggi karbohidrat seperti nasi dan makanan berbasis tepung terigu.

Namun, pasien gagal jantung harus memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk berpuasa. 

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Universitas Indonesia dr. Bonita Effendi mengatakan pasien gagal jantung wajib minum obat dan mengontrol cairan dalam tubuh.

Dokter Bonita menyarankan agar pasien gagal jantung agar terlebih dahulu memeriksa kondisi jantungnya sebelum memutuskan untuk berpuasa.

Sangat penting berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung dan pembuluh darang yang selama ini merawat Anda. 

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Bonita Effendi menyarankan beberapa hal penting yang harus diperhatikan pasien gagal jantung jika ingin tetap berpuasa.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News