Cara Mengatur Pola Tidur Selama Bulan Puasa, Gampang

Senin, 04 April 2022 – 14:03 WIB
Cara Mengatur Pola Tidur Selama Bulan Puasa, Gampang - JPNN.com Jogja
Ilustrasi tidur saat bulan puasa. Foto: Ricardo/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Selama bulam puasa, masyarakat Muslim yang tidak terbiasa bangun sebelum subuh tentu akan mengalami periode perubahan pola tidur. 

Jika tidak dikelola dengan baik, seseorang bisa saja mengalami masalah kekurangan tidur. 

Padahal, kebutuhan tidur adalah tujuh jam dalam sehari, tak terkecuali pada bulan Ramadan.

Oleh karena itu, dr. Nugroho Anargha dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memberikan tips gampang bagaimana sebaiknya kita mengatur pola tidur sepanjang bulan puasa

Dokter Nugroho mengatakan seseorang yang kurang tidur memiliki potensi untuk mengalami risiko sakit kepala, perubahan emosi, penurunan konsentrasi, dan kenaikan berat badan.

Pada prinsipnya, ada tiga faktor penting yang mendasari kualitas tidur, yaitu jadwal tidur yang konsisten, periode tidur yang cukup tanpa gangguan, dan kebiasaan sleep hygiene yang baik. 

Tidur yang berkualitas juga bisa didapatkan dalam ruang tidur yang gelap dan tenang, serta memberikan waktu yang cukup untuk bersantai sebelum waktu tidur.

Selama Ramadan pola tidur seseorang pasti akan terganggu karena kita akan meluangkan waktu paling tidak dua jam untuk sahur. 

Dokter Nugroho dari IDI memberikan tips cara mengatur pola tidur sepanjang bulan puasa. Jangan sampai kekurangan waktu tidur , Lur.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia