Penjelasan Keraton Yogyakarta Soal Ganti Pasir di Alun-Alun Utara

Jumat, 15 April 2022 – 15:02 WIB
Penjelasan Keraton Yogyakarta Soal Ganti Pasir di Alun-Alun Utara  - JPNN.com Jogja
Proses pemuliaan kawasan Alun-alun Utara Yogyakarta pasa Jumat (15/4). Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.fom

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Keraton Yogyakarta akan mengganti pasir di Alun-alun Utara dengan yang baru sejak 3 April 2022 hingga empat bulan ke depan.

Pasir yang baru tersebut diambil dari tanah kasultaanan atau Sultan Ground.

Wakil Penghageng Panitikisma Keraton Yogyakarta KRT Suryo mengatakan aktivitas tersebut dilakukan untuk memperbaiki kondisi tanah di Alun-alun Utara

Menurutnya, selama ini Alun-alun Utara sering digunakan sebagai tempat berbagi aktivitas sehingga kondisinya menjadi kurang ideal.

"Material asli penyusun alun-alun yakni pasir telah tercampur dengan banyak material lain karena kegiatan yang dilaksanakan di Alun-alun Utara," ujarnya.

Kegiatan tersebut, lanjutnya, sering tidak sejalan dengan kelestarian alun-alun, ditambah lagi sistem drainase kurang memadai.

Semenjak pemuliaan dilakukan ditemukan benda-benda yang tidak terduga seperti timbunan sampah, spanduk hingga pondasi beton.

"Untuk itu, mengembalikan tanah Alun-alun Utara ke material aslinya yakni pasir sangat penting agar menjaga kemuliaan dan kelestarian alun-alun sebagaimana mestinya," jelasnya. 

Kawasan Alun-alun Utara dilakukan pemuliaan dengan mengganti pasir yang diambil dari tanah Sultan Ground. Begini penjelasan lengkap Keraton Yogyakarta.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia