Hari Kartini 2022, Penghargaan untuk Buruh Gendong di Pasar Beringharjo

Rabu, 20 April 2022 – 21:15 WIB
Hari Kartini 2022, Penghargaan untuk Buruh Gendong di Pasar Beringharjo - JPNN.com Jogja
Pentas kebaya di pasar Beringharjo. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Ada yang tak biasa terlihat di Pasar Beringharjo pada hari ini, Rabu (20/4).

Sebuah peragaan busana kebaya digelar oleh komunitas Perempuan Berkebaya Yogyakarta untuk memperingati Hari Kartini setiap 21 April 2022.

Uniknya, bukan model profesinal yang memeragakan pentas busana kebaya, melainkan ibu-ibu buruh gendong yang sehari-hari mencari rezeki di Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta.

Ketua Perempuan Berkebaya Yogyakarta Margareta Tinuk Suhartini mengatakan tidak kurang dari 40 buruh gendong mengikuti pagelaran busana kebaya hari ini.

Selain memperingati Hari Kartini, pentas busana kebaya itu juga dilakukan untuk menghromati para buruh gendong yang bertahun-tahun berjuang mencari nafkah untuk keluarga mereka.

"Hari Kartini identik dengan perempuan dan kali ini kami pun ingin memberikan penghargaan kepada buruh gendong perempuan. Mereka adalah pejuang keluarga," kata Margareta.

Ia berharap peragaan busana yang mungkin hanya dilakukan dalam sehari itu dapat memberikan pengalaman menyenangkan dan membekas di tiap hati buruh gendong yang sudah meluangkan waktu mereka untuk berjalan di karpet merah.

"Kami berharap bisa memberikan kegembiraan bagi buruh gendong setelah mereka lelah bekerja," katanya.

Sebuah kegiatan pentas busana kebaya berlangsung di Pasar Beringharjo melibatkan para buruh gendong sebagai model. Lihat penampilan mereka.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News