Tahun Ini Berbeda, Pakar UGM Beri Tips Aman Mudik Lebaran

Rabu, 27 April 2022 – 14:36 WIB
Tahun Ini Berbeda, Pakar UGM Beri Tips Aman Mudik Lebaran - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Mudik Lebaran. Foto Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah pusat memprediksi tahun ini akan ada 85 juta orang yang mudik Lebaran ke kampung halaman masing-masing. 

Jumlah tersebut sangat besar karena sudah dua tahun masyarakat Indonesia dilarang mudik demi menghindari risiko penularan Covid-19. 

Mengingat tingginya volume kendaraan yang akan melintas di jalur-jalur mudik, Peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) Universitas Gadjah Mada (UGM) Arif Wismadi memberikan beberapa tips bagi pengendara kendaraan pribadi. 

Menurut Arif, pemudik harus melakukan persiapan mudik yang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Ia mengatakan momentum Lebaran 2022 diwarnai kebijakan pemerintah yang mengizinkan masyarakat untuk mudik disertai euforia transisi dari pandemi ke endemi.

Kondisi tersebut, menurut dia, membuat kepadatan arus lalu lintas tidak dapat dihindari.

Secara umum, kata Arif, yang perlu dipersiapkan adalah kesiapan kendaraan, kondisi fisik pengemudi, kelengkapan dokumen perjalanan, dan pengetahuan daerah tujuan serta rute perjalanan.

Selain itu, ada persiapan tambahan, khususnya yang menggunakan kendaraan pribadi, yakni penyediaan logistik untuk antisipasi gridlock (kondisi macet total) berupa makanan dan minuman selama perjalanan, termasuk persediaan di tempat tujuan.

Pengamat transportasi dari Pustral UGM memberikan beberapa tips agar pengendara kendaraan pribadi bisa mudik aman dalam perjalanan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia