Bahaya Mengonsumsi Suplemen Berlebihan, Penyakit Kronis Ini Menanti

Sabtu, 30 April 2022 – 11:03 WIB
Bahaya Mengonsumsi Suplemen Berlebihan, Penyakit Kronis Ini Menanti - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Bahaya mengonsumsi suplemen berlebihan. Foto : Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Sebagian orang gemar mengonsumsi suplemen untuk membantu asupan nutrisi, misalnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, membuat lebih cerdas, hingga mempercantik kulit.

Mengonsumsi suplemen memang baik selama masih sesuai dosis yang dianjurkan.

Sayangnya, sebagian orang abai terhadap dosis suplemen sehingga mengonsumsinya dalam kadar berlebih.

Dokter spesialis penyakit dalam yang juga menjadi konsultan ginjal hipertensi dari RSA UGM dr. Putu Kusumarini mengingatkan bahaya mengonsumsi suplemen secara berlebihan.

Dokter Putu mengatakan mengonsumsi suplemen secara berlebihan dalam jangka panjang dapat mengakibatkan terkena penyakit gagal ginjal.

“Saya pernah dapat pasien yang ingin kulitnya putih dan mulus, lalu dia mengonsumsi suplemen tertentu. Padahal, petunjuk konsumsinya hanya sekali sehari, tetapi dia mengonsumsinya dua kali dalam sehari selama tiga tahun. Akhirnya ya gagal ginjal," ujar dr. Putu dalam talkshow Painah & Paini: Cegah Gagal Ginjal pada Selasa, (26/4).

Mengutip hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan RI pada 2013, prevalensi gagal ginjal kronis berdasarkan diagnosis dokter di Indonesia adalah 0,2 persen atau sekitar 499.800 jiwa.

Pada laporan Riskesdas 2018, angka tersebut meningkat menjadi 0,38 persen atau 713.783 jiwa.

Mengonsumsi suplemen memang bisa membantu mencukupi asupan nutrisi. Namun, jika dikonsumsi berlebihan bisa menimbulkan penyakit kronis ini. Hati-hati Lur.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia