Lihat, Delegasi EWG Meeting G20 Berkunjung ke Pengrajin Yogyakarta

Kamis, 12 Mei 2022 – 20:40 WIB
Lihat, Delegasi EWG Meeting G20 Berkunjung ke Pengrajin Yogyakarta  - JPNN.com Jogja
Anggota delegasi EWG Meeting G20 berkunjung ke pasar pengrajin di Yogyakarta. Foto: Humas Kemnaker

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Rombongan anggota G20 Kelompok Kerja Bidang Ketenagakerjaan (The 2nd Employment Working Group/EWG Meeting) melihat industri pengolahan kerajinan di Dowa Bag and Factory yang terletak di Jalan Godean, Yogyakarta.

Kepala Biro Kerja Sama Kemnaker Muhammad Arif Hidayat mengatakan kunjungan ini merupakan bagian dari showcase dari Presidensi Indonesia kepada para delegasi EWG.

Menurutnya, hal ini sesuai dengan dua isu prioritas yang diusung Kemnaker, yaitu Penciptaan Lapangan Kerja Berkelanjutan Menuju Dunia Kerja yang Berubah dan Adaptasi Perlindungan Tenaga Kerja untuk Perlindungan yang Lebih Efektif dan Peningkatan Ketahanan Bagi Seluruh Pekerja.

Kemudian, DIY adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal sebagai penghasil kerajinan tangan berkualitas dan memiliki banyak Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM).

“EWG Meeting yang diselenggarakan di Jogja ini mengangkat dua isu prioritas. Yang pertama, job creation dan juga small-medium enterprises, dan labour protection. Di mana untuk Dowa ini sudah menerapkan jaminan sosial ketenagakerjaan,” kata Arif Hidayat pada Kamis (12/5).

Menurutnya, salah satu daya tarik dari Dowa adalah produk yang dihasilkan melalui proses handmade.

“Saya melihat para delegasi sangat tertarik dengan proses handmade ini dan ada pemeriksaan final sehingga kualitasnya sangat terjaga dengan sempurna,” ujarnya.

Dia menekankan bahwa dalam isu prioritas Indonesia memiliki banyak contoh yang dapat dijadikan best practices bagi negara-negara lain.

Kelompok Kerja Bidang Ketenagakerjan (The 2nd Employment Working Group/EWG Meeting) G20 diajak melihat industri pengolahan kerajinan di Dowa Bag and Factory.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News