3 Isu Pertanian yang Diusung Indonesia dalam G20, No 1 Paling Berat

Jumat, 29 Juli 2022 – 12:15 WIB
3 Isu Pertanian yang Diusung Indonesia dalam G20, No 1 Paling Berat - JPNN.com Jogja
Pertemuan G20 di Yogyakarta. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Yogyakarta menjadi tuan rumah Pertemuan Kedua Kelompok Kerja Pertanian Tingkat Deputi/Eselon I (Second Agriculture Deputies Meeting/ADM) negara-negara delegasi G20.

Pada hari kedua ADM, Kamis (28/7), Kementerian Pertanian mengusulkan tiga isu strategis untuk dibahas dan dicari solusinya oleh negara G20.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Kasdi Subagyono mengatakan negara peserta dan undangan menyetujui tiga isu pokok bidang pertanian yang diusulkan Indonesia

Isu pertama yang dibahas dalam ADM G20 adalah soal membangun sistem pangan dan pertanian yang tangguh dan berkelanjutan.

"Ini memang yang terberat karena banyak kami bahas berkaitan dengan pangan adalah membangun sistem pangan yang tangguh dan berkelanjutan. Banyak paragraf tentang itu," ujar Kasdi.

Kedua, mendukung perdagangan pertanian yang terbuka, adil, dapat diprediksi, dan transparan untuk keterjangkauan pangan untuk semua.

"Berkaitan perdagangan pertanian terbuka ada empat paragraf yang sudah kami selesaikan," katanya pula.

Isu ketiga, yakni memajukan kewirausahaan pertanian yang inovatif melalui digitalisasi pertanian untuk meningkatkan penghidupan petani di daerah pedesaan.

Kementerian Pertanian mengusulkan tiga isu krusial dalam pertemuan kedua ADM G20 di Yogyakarta. Apa saja?
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia