Ke Malioboro, Boleh Saja Melepas Masker, tetapi...

Kamis, 19 Mei 2022 – 08:14 WIB
Ke Malioboro, Boleh Saja Melepas Masker, tetapi... - JPNN.com Jogja
Aturan memakai masker di Kawasan Malioboro. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Presiden Joko Widodo telah memperbolehkan masyarakat untuk melepas masker di tempat umum yang terbuka.

Setelah ada kebijakan pelonggaran dalam protokol kesehatan itu, muncul pertanyaan apakah di kawasan Malioboro juga termasuk tempat yang diperbolehkan membukan masker?

Sekretaris Daerah (Sekda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kadarmanta Baskara Aji mengatakan Malioboro termasuk tempat terbuka yang ramai kerumunan massa.

Oleh karena itu, Pemda DIY menyarankan pengunjung untuk tetap memakai masker saat berada di Malioboro.

"Boleh saja tidak menggunakan masker pada saat sedang tidak banyak orang, tetapi Malioboro ini kan antara sepi dengan ramai lebih banyak ramainya. Jadi, lebih baik kalau jalan di Malioboro (masker) digunakan saja," kata Aji di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (18/5).

Menurut Aji, pada prinsipnya Pemda DIY menyelaraskan kebijakan dengan pemerintah pusat termasuk dalam pelonggaran penggunaan masker.

Keputusan Presiden Joko Widodo terkait kebijakan pelonggaran itu, menurut dia, telah didasari berbagai kajian yang matang, termasuk di antaranya terkait dengan antibodi yang dimiliki masyarakat secara nasional.

Kekebalan tubuh masyarakat Indonesia dalam skala nasional sudah menembus angka 99 persen.

Pemda DIY menyarankan masyarakat untuk tetap memakai masker saat berada di Malioboro karena kawasan itu selalu ramai dan orang-orang berkerumun.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News