5 Dugaan Sementara Penyebab Hepatitis Akut Misterius, Ada Hubungannya dengan Covid-19

Senin, 23 Mei 2022 – 15:59 WIB
5 Dugaan Sementara Penyebab Hepatitis Akut Misterius, Ada Hubungannya dengan Covid-19 - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Dugaan sementara penyebab hepatitis akut. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Munculnya kasus hepatitis akut misterius telah menggemparkan dunia.

Penyakit yang banyak menyerang anak-anak itu hingga kini masih belum diketahui dengan pasti apa penyebabnya.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI hingga 17 Mei 2022, telah ditemukan 14 kasus hepatitis akut, yaitu satu di Sumatera Utara, satu kasus di Sumatera Barat, tujuh kasus di DKI Jakarta, satu kasus di Jambi, dan tiga kasus di Jawa Timur.

Tujuh kasus dugaan hepatitis ditemukan pada anak berusia di bawah lima tahun, dua kasus ditemukan pada anak usia enam sampai 10 tahun, dan lima kasus ditemukan pada anak usia 11 sampai 16 tahun.

Meskipun belum dirilis secara pasti apa penyebab hepatitis akut, setidaknya ada lima hipotesis yang bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.

"Ada lima hipotesis kenapa kasus hepatitis akut bisa terjadi pada anak-anak. Pertama adalah infeksi Adenovirus," kata Dante dalam rapat dengar pendapat di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin siang (23/5).

Dante mengatakan bahwa menurut hasil pemeriksaan Adenovirus ditemukan pada sekitar 70 persen pasien anak yang diduga terserang hepatitis.

Kementerian Kesehatan RI dalam rapat dengar pendapat dengan DPR mengungkapkan lima dugaan sementara penyebab hepatitis akut misterius.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News