Ternyata, Penutur Bahasa Indonesia Melebihi Jumlah Penduduk, Kok Bisa?

Senin, 23 Mei 2022 – 19:59 WIB
Ternyata, Penutur Bahasa Indonesia Melebihi Jumlah Penduduk, Kok Bisa? - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Bahasa Indonesia dipakai lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia. Foto: Dokumentasi Persija.id

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar seminar nasional yang bertajuk Indonesia dan Keindonesiaan di Panggung Internasional pada Jumat (20/5).

Dari seminar tersebut terungkap bahwa jumlah penutur bahasa Indonesia ternyata melebihi jumlah penduduk Indonesia saat ini.

Bahasa Indonesia diketahui telah dipakai oleh lebih dari 300 juta penutur di dunia.

Jumlah penduduk Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia saja telah melebihi 250 juta jiwa, dari total penduduk lebih dari 272 juta.

Bahasa Indonesia ternyata juga menjadi variasi dialektal di kawasan serantau seperti di Malaysia, Thailand Selatan, Brunei, Singapura, Filipina Selatan, Suriname, hingga ke berbagai diaspora Indonesia di dunia seperti di Amerika, Kanada, Jepang, Korea, Timur Tengah, dan sebagainya.  

Penggunaan bahasa Indonesia yang semakin meluas salah satunya dipengaruhi oleh menguatnya peran ekonomi, politik, dan diplomasi kebudayaan Indonesia.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek RI Hilmar Farid mengatakan hampir 77 tahun bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa nasional dalam konstitusi.

Menurutnya, para pendiri bangsa berhasil memperjuangkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Pengguna bahasa Indonesia di seluruh dunia saat ini mencapai 300 juta orang. Melebih jumlah penduduk Indonesia.
Sumber UGM.ac.id
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News