Ada Usulan Menikmati Borobudur Melalui Metaverse, Bagaimana Caranya?

Sabtu, 11 Juni 2022 – 12:53 WIB
Ada Usulan Menikmati Borobudur Melalui Metaverse, Bagaimana Caranya? - JPNN.com Jogja
Candi Borobudur. Foto :Antara /HO-Birkom Kemenparekraf

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Polemik tentang rencana kenaikan harga tiket ke Candi Borobudur masih terus bergulir.

Di satu sisi perlu ada pembatasan jumlah pengunjung ke Candi Borobudur, tetapi animo masyarakat terhadap peninggalan Wangsa Syailendra itu masih sangat tinggi.

Oleh karena itu, muncul berbagai ide dan gagasan bagaimana agar masyarakat bisa menimati indahnya Candi Borobudur tanpa harus naik ke candi secara langsung.

Salah satu usulan datang datang dari Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FMIPA Universitas Gajah Mada (YGM) Wiwit Suryanto.

Wiwit mengusulkan pengelola Candi Borobudur untuk menyediakan teknologi metaverse sebagai alternatif kunjungan wisata tanpa harus menyentuh fisik bangunan secara langsung.

"Melalui metaverse nanti seolah-olah bisa menikmati tidak hanya secara visual, tetapi seolah naik ke Candi Borobudur," kata Wiwit Suryanto dalam diskusi daring bertema Membicarakan (Lagi) Borobudur: antara Konservasi dan Pariwisata dipantau di Yogyakarta, Jumat (10/6).

Menurut dia, ide tersebut menjadi jalan tengah antara kepentingan pelestarian bangunan Candi Borobudur dan aspek pariwisata.

"Ini agar Candi Borobudur tetap lestari tetapi juga bisa dinikmati sebagai situs kebanggaan bangsa," ujar Wiwit yang juga ahli geofisika UGM tersebut.

Ada usulan agar wisatawan bisa menikmati Candi Borobudur menggunakan teknologi metaverse. Bagaimana caranya? Mungkinkah hal itu terwujud?
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia