DPKH Gunungkidul Butuh Rp 500 Juta untuk Menanggulangi Wabah PMK

Rabu, 22 Juni 2022 – 02:02 WIB
DPKH Gunungkidul Butuh Rp 500 Juta untuk Menanggulangi Wabah PMK - JPNN.com Jogja
Ilustrasi-DPKH Gunungkidul mengajukan anggaran Rp 500 juta untuk menanggulangi PMK. Foto: Ricardo/jpnn.com

jogja.jpnn.com, GUNUNGKIDUL - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Gunungkidul masih terus berupaya meredam laju penularan penyakit mulut dan kuku (PMK).

Menjelang Hari Raya Kurban, butuh kerja ekstra agar virus tersebut tidak makin menyebar dan menyebabkan kerugian bagi peternak.

Kepala DPKH Gunungkidul Wibawanti mengatakan pihaknya membutuhkan anggaran paling tidak Rp 500 juta untuk menanggulangi PMK.

"Anggaran tersebut untuk pembelian obat-obatan dan operasional vaksinasi," kata Wibawanti, Selasa (21/6).

Wibawanti mengatakan selama ini pihaknya telah berusaha menekan angka penularan dengan berbagai metode, seperti menutup pasar hewan, memperketat lalu lintas ternak, dan pemberlakuan syarat berupa kelengkapan surat keterangan kesehatan hewan bagi ternak yang hendak dibawa masuk atau keluar.

Hingga saat ini, DPKH Gunungkidul mencatat ada 330 sapi yang suspek PMK.

"Kami sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat bagaimana penanganan bila menemukan ternak suspek PMK dan sosialisasi pencegahan PMK," katanya.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan DPKH Gunungkidul Retno Widyastuti mengatakan vaksin untuk ternak PMK belum tiba di Gunungkidul.

DPKH Gunungkidul mengajukan anggara Rp 500 juta menangani masalah PMK yang makin mengkhawatirkan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia