Cantik Anjani: Tanpa Arsip, Dunia Seperti Tanpa Memori

Selasa, 12 Juli 2022 – 15:34 WIB
Cantik Anjani: Tanpa Arsip, Dunia Seperti Tanpa Memori - JPNN.com Jogja
Mahasiswa UNY, Cantik Anjani juara 2 Duta Arsip. Foto: Humas UNY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Cantik Anjani meraih juara 2 Duta Arsip DIY yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY.

Ajang yang digelar pertama kali ini bertujuan agar Duta Arsip dapat menjadi kepanjangan tangan DPAD untuk lebih menyadarkan masyarakat tentang pentingnya arsip.

Kemudian, Duta Arsip juga akan membantu DPAD DIY dalam upaya mempromosikan arsip.

Mahasiswa prodi Pendidikan Admistrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi UNY tersebut mengikuti serangkaian tahap seleksi melalui video vlog, persyaratan berkas dan interview.

“Dalam video vlog saya menceritakan mengenai pentingnya arsip dan digitalisasi arsip di perpustakaan,” kata Cantik Anjani pada Jumat (8/7).

Dalam pemaparannya Cantik memprsentasikan Perpustakaan UNY yang telah menggunakan Online Public Access Catalog atau OPAC.

OPAC sendiri merupakan sistem katalog terpasang yang dapat diakses secara umum dan dapat dipakai pengguna menelusuri data katalog untuk memastikan apakah perpustakaan menyimpan karya tertentu.

Jika perpustakan memiliki karya yang dicari, pengguna OPAC bisa mengetahui lokasi arsip tersebut.

Juara 2 Duta Arsip asal Universitas Negeri Yogyakarta ungkap pentingnya keberadaan arsip. Yuk, mulai menyimpan arsip.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News