Sinergi Antarlembaga dalam Mencegah Pernikahan Dini di Gunungkidul

Rabu, 13 Juli 2022 – 19:01 WIB
Sinergi Antarlembaga dalam Mencegah Pernikahan Dini di Gunungkidul - JPNN.com Jogja
Ilustrasi pernikahan anak. Foto: Instagram

jogja.jpnn.com, GUNUNGKIDUL - Lembaga Eksekutif dan Yudikatif di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sepakat untuk bersinergi mencegah pernikahan dini di daerah itu.

Sebagai bentuk komitmen bersama, Pengadilan Agama Wonosari dan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menandatangi perjanjian kerja sama tentang Rencana Kerja Pencegahan Perkawinan Usia Anak.

Ketua Pengadilan Agama Wonosari Rogaiyah mengatakan bahwa penandatanganan perjanjian ini adalah bentuk kepedulian dan kekhawatiran karena banyak yang mengajukan dispensasi usia pernikahan.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 16 Nomor Tahun 2019 tentang Perkawinan, batas usia menikah bagi laki-laki dan perempuan adalah 19 tahun.

Namun, ada mekanisme dispensasi yang diputuskan oleh pengadilan agama setempat.

Rogaiyah mengatakan Pengadilan Agama Wonosari bekerja sama dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta dengan dinas terkait lainnya untuk menekan tingginya tingkat pengajuan dispensasi pernikahan di bawah umur.

Dengan perjanjian rencana kerja ini harapannya ke depan bisa mewujudkan Gunungkidul sebagai daerah ramah anak.

"Hal ini menyangkut aspek pendidikan, kesiapan mental, ekonomi serta kesehatan dan kesiapan untuk membina rumah tangga," katanya.

Pengadilan Agama Wonosari dan Pemkab Gunungkidul sepakat untuk meminimalisir pernikahan usia dini. Kedua lembaga itu meneken perjanjian kerja sama.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia