Berkat SIKAP, Pemkota Yogyakarta dapat Penghargaan Bergengsi dari KPAI

Jumat, 22 Juli 2022 – 11:38 WIB
Berkat SIKAP, Pemkota Yogyakarta dapat Penghargaan Bergengsi dari KPAI - JPNN.com Jogja
Pemkot Yogyakarta dapat penghargaan dari KPAI. Foto: M. Syukron Fitriansyah/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Kota Yogyakarta mendapat penghargaan bergengsi dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) sebagai daerah terbaik dalam memberikan perlindungan kepada anak.

Salah satu faktor yang membuat Pemkot Yogyakarta meraih predikat itu adalah program Sistem Informasi Anti Kekerasan terhadap Anak dan Perempuan (SIKAP).

Dengan adanya SIKAP, sejak 2019 masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan aduan apabila mengetahui atau memiliki informasi terkait kekerasan kepada anak.

Layanan tersebut sudah terintegrasi dengan aplikasi Jogja Smart Service (JSS).

Pemerintah Kota Yogyakarta juga memiliki program Puspaga yang memberikan layanan konsultasi atas berbagai permasalahan dalam rumah tangga melalui.

Layanan konsultasi tersebut dinilai dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan di dalam keluarga sekaligus mengantisipasi potensi yang mengarah pada tindakan kekerasan dalam rumah tangga.

Pemerintah daerah menyiapkan sejumlah konselor dari psikolog untuk memberikan layanan yang bisa diakses di Gedung PKK Kompleks Balai Kota Yogyakarta secara gratis.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sumadi mengatakan penghargaan yang diperoleh membuat Pemkot Yogyakarta makin bersemangat menelurkan program untuk melindungi anak dan perempuan dari tindak kekerasan.

Pemkot Yogyakarta baru saja dinobatkan sebagai daerah ramah anak dan perempuan dari KPAI. Salah satunya berkat program SIKAP.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia