Tenang, Saat Kemarau 13 Kecamatan di Gunungkidul Akan dapat Bantuan Air Bersih

Selasa, 02 Agustus 2022 – 09:30 WIB
Tenang, Saat Kemarau 13 Kecamatan di Gunungkidul Akan dapat Bantuan Air Bersih - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Bantuan Air bersih di Gunungkidul. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, GUNUNGKIDUL - Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu wilayah yang berpotensi mengalami bencana kekeringan saat musim kemarau.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul, dari 18 kecamatan, 13 di antaranya merupakan daerah rawan kekeringan.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul telah menyiapkan 1.400 tangki air bersih untuk disalurkan ke daerah terdampak musim kemarau.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Purwono mengatakan jumlah itu sesuai dengan perhitungan dan permintaan masyarakat.

Ia mengatakan BPBD Gunungkidul telah melakukan pemetaan kecamatan yang berpotensi kekeringan yang menyebabkan masyarakat kekurangan air bersih.

Berdasarkan data 2021, ada 41 kalurahan/desa dan 338 pedukuhan yang berpotensi terdampak.

Sedangkan untuk warga yang berpotensi terdampak bisa mencapai 28.511 Kepala Keluarga (KK).

Purwono mengatakan ada lima kecamatan di Gunungkidul yang aman dari ancaman kekeringan, di antaranya Kecamatan Playen, Wonosari, Karangmojo, dan Nglipar.

Tiga belas kecamatan di Kabupaten Gunungkidul akan mendapat bantuan air bersih dari pemkab setempat. Disalurkan sesuai permintaan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News