Mengenal Rinding Gumbeng, Salah Satu Kesenian Asli Jogja yang Tampil di Istana Merdeka

Kamis, 18 Agustus 2022 – 10:28 WIB
Mengenal Rinding Gumbeng, Salah Satu Kesenian Asli Jogja yang Tampil di Istana Merdeka - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Rinding Gumbeng, kesenian asli Jogja yang tampil di Istana Merdeka. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendapat kehormatan karena tiga kesenian daerahnya ditampilkan saat perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (17/8).

Salah satu kesenian tradisional asli dari Jogja yang ditampilkan adalah Rinding Gumbeng.

Kesenian Rinding Gumbeng berasal dari Ngawen, Gunungkidul, DIY dan telah ditetapkan sebagai salah satu Warisan Budaya Takbenda oleh Kementerian Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI dengan nomor registrasi 201700512 tahun 2017.

Seni musik yang dimainkan oleh sebanyak 20 musisi dengan menggunakan rinding atau alat musik yang terbuat dari bambu itu membawakan tiga buah lagu yakni "Rayuan Pulau Kelapa", "Sepasang Mata Bola", dan "Indonesia Pusaka".

Plh Asisten Administrasi dan Umum Sekda DIY Benny Suharsono mengatakan warga Jogja harus bangga karena ada kesenian tradisionalnya yang mentas di perayaan HUT RI di Jakarta.

"Seperti tagline kita Yogya Ngangeni. Bangga sekali," katanya.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pun diundang oleh Presiden Joko Widodo sebagai tamu kehormatan untuk menghadiri upacara di Istana Merdeka.

Beny mengatakan bahwa nasionalisme bisa dipupuk melalui kebudayaan DIY untuk Indonesia sehingga mampu memberikan sumbangsih seni tradisi lokal dalam rangka memperkuat Kebudayaan Nasional.

Rinding Gumbeng merupakan salah satu kesenian tradisional asli Jogja yang tampil saat perayaan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Jakarta.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News