Mahasiswa UAD Temukan Mikroplastik di Sungai Progo, Peringatan Bagi Semua

Sabtu, 27 Agustus 2022 – 12:01 WIB
Mahasiswa UAD Temukan Mikroplastik di Sungai Progo, Peringatan Bagi Semua - JPNN.com Jogja
Penelitian mahasiswa UAD di aliran Sungai Progo. Foto: Humas UAD

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Tim Program Kreativitas Mahasiswa-Riset Eksakta (PKM-RE) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mendeteksi adanya pencemaran mikroplastik di aliran Sungai Progo.

Tim yang beranggotakan Salsabilla Safitri, Nazulla Nurul Sholikhah dan Zana Pandya Pratisara ini menemukan ribuan partikel per liter di aliran air tersebut.

Penemuan mikroplastik sekaligus menjadi peringatan bagi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Projotamansari di Kabupaten Bantul yang menggunakan air Sungai Progo sebagai bahan baku utama.

Diketahui perusahaan tersebut mengalirkan air bersih dari Sungai Progo kepada 6.000 pelanggannya. 

Kemudian, tim riset mengambil sampel air pada bak inlet dan outlet pada kedua jenis Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang ada di perusahaan.

Hasil menunjukkan bahwa terdapat kelimpahan mikroplastik sebesar 3.215 dan 2.122 partikel per liter, sedangkan untuk efektivitas diperkirakan sebesar 70 persen dan 58 persen.

Di Tirta Projotamansari, karakteristik utama mikroplastik berupa serat sintetis yang terbuat dari polimer poliamida teridentifikasi melalui uji Fourier Transform Infra-Red (FTIR).

Partikel ini dapat berasal dari hasil pencucian baju di rumah tangga, fragmentasi, dan jaring nelayan yang terbuang ke saluran air dan bermuara ke sungai.

Waduh, Tim Program Kreativitas Mahasiswa-Riset Eksakta (PKM-RE) Universitas Ahmad Dahlan mendeteksi adanya pencemaran mikroplastik di aliran Sungai Progo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News