Harga BBM Naik, Tarif Trans Jogja tidak Berubah, tetapi

Rabu, 07 September 2022 – 09:35 WIB
Harga BBM Naik, Tarif Trans Jogja tidak Berubah, tetapi - JPNN.com Jogja
Bus Trans Jogja. Foto: Instagram/Transjogja official

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) menimbulkan pertanyaan tentang tarif transportasi umum, termasuk Trans Jogja.

Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memastikan tidak akan menaikkan tarif bus Trans Jogja.

"Prinsipnya kebijakan kami tidak ada kenaikan tarif (Trans Jogja)," kata Kepala Dishub DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (6/8).

Untuk menyiasati pembengkakan biaya operasional akibat kenaikan harga BBM, Dishub DIY bakal menempuh kebijakan pengurangan jam layanan.

Rencana pengurangan jam layanan itu, kata Made, masih akan dikomunikasikan dengan PT Anindya Mitra International (AMI) selaku operator Trans Jogja. Made memastikan pengurangan jam layanan tidak dilakukan di seluruh jalur Trans Jogja.

"Kita kan punya 17 jalur, tidak semua jalur itu ramai. Nanti kita lihat nih mana yang bisa kita kurangi layanannya dahulu," kata dia.

Bersama operator Trans Jogja, Dishub DIY masih akan mengkaji jam layanan serta rata-rata okupansi bus pada jalur-jalur yang ada.

"Kami tidak akan mengurangi jalur yang sepi yang jaraknya jauh, tidak seperti itu. Jika dikurangi penumpang nanti malah menunggunya lama," kata dia.

Dinas Perhubungan DIY memutuskan tidak menaikkan tarif Tran Jogja meskipun harga BBM saat ini sudah naik. Akan tetapi, ada kebijakan lain yang diambil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News