Indonesia Akan Segera Punya Bursa Kripto, Pertama di Dunia?

Minggu, 11 September 2022 – 11:30 WIB
Indonesia Akan Segera Punya Bursa Kripto, Pertama di Dunia? - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Bursa kripto di Indonesia: Sultan Amanda/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah akan segera membentuk pasar bursa kripto untuk merespons perkembangan perdagangan aset kripto di Indonesia.

Berdasarkan data dari Kementeri Perdagangan, pada 2021 total nilai transaksi aset kripto menyentuh angka Rp 859,4 triliun atau tumbuh 1.224 persen dibanding 2020 dengan nilai transaksi 64,9 triliun.

Sedangkan hingga Juli 2022, nilai transaksi aset kripto tercatat Rp 232,45 triliun atau turun 51,43 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Untuk jumlah pelanggan terdaftar hingga Juli 2022 mencapai 15,6 juta pelanggan dengan rata-rata kenaikan jumlah pelanggan terdaftar sebanyak 690.000 pelanggan per bulan. Jumlah pelanggan tersebut meningkat pesat dibanding 2020 yang berkisar dua juta pelanggan.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan keberadaan bursa kripto sangat penting untuk mengantisipasi berbagai tindak pidana, seperti pencucian uang dan pendanaan yang tidak baik seperti untuk narkoba dan terorisme.

Jika bursa kripto di Indonesia tersebut bisa diwujudkan, akan menjadi yang pertama di dunia.

“Beberapa negara pun berminat membentuk bursa yang sama seperti Korea Selatan karena mereka juga melihat potensi, kesempatan dan peluang yang bisa dilakukan dengan keberadaan bursa tersebut,” kata Jerry Sambuaga di sela acara Block Community Conference 2022 di Yogyakarta, Sabtu (10/9).

Selain untuk mengantisipasi berbagai tindakan perdagangan atau pendanaan yang berimplikasi negatif, Jerry juga menyebutkan tujuan utama dari pembentukan bursa adalah memberikan perlindungan kepada konsumen.

Indonesia akan membuka bursa kripto untuk melindungi konsumen dan mencegah tindak pidana. Bursa kripto Indonesia akan jadi yang pertama di dunia.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia