Pemkab Kulon Progo Harus Bikin Peta Pariwisata, Begini Saran Anggota Dewan

Selasa, 13 September 2022 – 08:15 WIB
Pemkab Kulon Progo Harus Bikin Peta Pariwisata, Begini Saran Anggota Dewan - JPNN.com Jogja
Kawasan Bukit Menoreh salah satu objek wisata di Kulon Progo. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, KULON PROGO - Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki banyak destinasi wisata yang belum begitu sering dikunjungi oleh pelancong.

Padahal, destinasi wisata di Kulon Progo tidak kalah menarik dengan objek wisata di daerah lainnya.

Oleh karena itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kulon Progo Istana meminta Dinas Pariwisata setempat untuk memetakan potensi kunjungan wisatawan berdasarkan kondisi geografis hingga infrastruktur jalan.

Menurut Istana, pemetaan untuk mendongkrak kunjungan wisata di Kulon Progo perlu melihat realitas kondisi geografis wilayah, kondisi jalan, serta sebaran destinasi yang kebanyakan di wilayah pegunungan.

"Terkait dengan hal tersebut, maka pikiran kita tidak boleh terobsesi untuk mendatangkan rombongan wisatawan menggunakan bus-bus, tetapi orientasinya bagaimana mendatangkan wisatawan dengan tumpangan pribadi atau rombongan motor gede," kata Istana.

Menurutnya, Dinas Pariwisata harus mulai memetakan pangsa pasar setiap objek wisata. Misalnya, Pantai Glagah yang merupakan orientasi pada pariwisata massal.

Tentu, strategi yang berbeda diterapkan di beberapa objek wisata, seperti kawasan Bukit Menoreh mulai dari Puncak Suroloyo, Kebun Teh Nglinggo dan kawasan wisata Girimulyo.

"Dispar harus sudah mulai mengatur strategi dimulai dari cara promosi atau memilih pasar wisatawan," katanya.

Pemkab Kulon Progo diminta untuk membuat peta promosi pada masing-masing destinasi wisata yang ada di sana.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia