Dampak Kenaikan Harga BBM, Bukan Hanya Soal Tarif Transportasi

Rabu, 14 September 2022 – 16:02 WIB
Dampak Kenaikan Harga BBM, Bukan Hanya Soal Tarif Transportasi - JPNN.com Jogja
Dampak kenaikan harga BBM. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Sektor transportasi adalah yang paling terdampak kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Beberapa angkutan umum telah menaikkan tarifnya sampai 20 persen untuk menyesuaikan diri dengan harga BBM.

Namun, kenaikan harga BBM bukan hanya berdampak pada mahalnya tarif transportasi, tetapi juga menurunnya minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.

Peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) Universitas Gadjah Mada (UGM) Dewanti mengatakan penurunan minat itu bukan hanya akan terjadi sesaat, tetapi akan berlangsung lama.

“Biasanya masyarakat akan mengurangi kegiatan perjalanan karena kenaikan tarif. Namun, bagi yang membutuhkan perjalanan hal itu tidak masalah karena menjadi kebutuhan mereka untuk kelancaran aktivitas pekerjaannya,” katanya, Selasa (14/9).

Seperti diketahui, beberapa daerah telah menaikkan tarif angkutan umum guna menyesuaikan kenaikan harga BBM. Namun, ada juga yang tidak menaikkan tarifnya, seperti Trans Jogja.

“Di DIY tarif tidak dinaikkan, tetapi layanan dikurangi seperti jarak waktu antar kedatangan bisa di halte agar kenaikan BBM tidak berdampak begitu besar,” ujarnya.

Dewanti juga mengapresiasi kebijakan pemerintah Provinsi DKI yang memberikan subsidi yang cukup besar bagi Transjakarta agar tidak mengalami kenaikan tarif.

Peneliti Pustral UGM menilai bahwa kenaikan harga BBM bukan hanya berdampak pada tarif transportasi umum, tetapi...
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News