Bagaimana Sebaiknya Memahami Fenomena Hacker Bjorka? Begini Kata Dosen UGM

Kamis, 15 September 2022 – 10:05 WIB
Bagaimana Sebaiknya Memahami Fenomena Hacker Bjorka? Begini Kata Dosen UGM - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Hacker Bjorka. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Masyarakat Indonesia beberapa hari terakhir dibuat heboh dengan aksi seorang peretas dengan nama alias Bjorka.

Bjorka mengeklaim telah meretas sejumlah dokumen penting milik negara dan pejabat negara, termasuk surat Badan Intelijen Negara kepada Presiden Joko Widodo.

Klaim dari Bjorka tersebut diunggah oleh salah satu akun Twitter DarkTracer: DarkWeb Criminal Intelligence yang kemudian viral dan sempat menjadi salah satu tren topik di Twitter.

Peretas dengan identitas Bjorka juga sebelumnya kerap mengklaim telah meretas data-data terkait kependudukan Indonesia, seperti data registrasi SIM Card Prabayar dan data milik salah satu provider telekomunikasi.

Menurut Pakar Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Ridi Ferdiana, fenomena hacker Bjorka ini harus menjadi momentum bagi pemerintah Indonesia untuk berbenah diri di bidang keamanan siber.

"Banyak talenta Indonesia ahli di bidang keamanan (siber) yang dapat berkontribusi besar untuk melangkah bersama dalam membangun fondasi yang memadai," kata Ridi.

Menurut dia, pemerintah harus mulai legawa dan bersiap menghadapi berbagai aktivitas yang serupa dengan membenahi keamanan siber negara secara bertahap dengan melibatkan para talenta yang menguasai bidang keamanan siber.

"Kejadian Bjorka dalam membagikan data pribadi adalah sinyal nyata berupa kritik membangun kepada pemerintah untuk berbenah diri dan mengatur ulang prioritas keamanan dan perlindungan privasi. Reskilling mutlak dilakukan agar secara berkala sistem keamanan kita dikaji dan disempurnakan," ujar dia.

Hacker Bjorka telah menghebohkan masyarakat dan pemerintah Indonesia. Bagaimana sebaiknya kita menyikapi fenomena tersebut?
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News