Gunung Merapi Level 3, Guguran Lava Meluncur Belasan Kali ke Sungai Bebeng

Minggu, 18 September 2022 – 12:24 WIB
Gunung Merapi Level 3, Guguran Lava Meluncur Belasan Kali ke Sungai Bebeng - JPNN.com Jogja
Gunung Merapi level 3. Foto: Januardi/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Gunung Merapi yang berada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah masih terus mengeluarkan aktivitas kegempaan.

Pada pekan ini, 9-15 September 2022, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat bahwa aktivitas kegempaan masih cukup tinggi.

Kepala BPPTKG Agus Budi Santoso mengatakan Gunung Merapi mengeluarkan guguran lava sebanyak 13 kali ke arah barat daya dominan ke Sungai Bebeng dengan jarak luncur maksimal 1,8 kilometer.

Agus mengatakan berdasarkan analisis morfologi dari Stasiun kamera Tunggularum, Deles5 dan Ngepos, tidak teramati adanya pertumbuhan pada kubah lava di bagian barat daya maupun bagian tengah Merapi.

Volume kubah barat daya Merapi terhitung tetap sebesar 1.624.000 meter kubik dan untuk kubah tengah sebesar 2.772.000 meter kubik. Intensitas kegempaan Merapi selama sepekan terakhir masih tinggi.

"Masih tinggi, terutama kegempaan dalam (VTA) dan dangkal (MP dan gempa guguran)," ujar dia.

Deformasi Gunung Merapi yang dipantau dengan menggunakan EDM dan GPS pada pekan ini menunjukkan laju pemendekan jarak sebesar 0,7 cm per hari.

"Pada minggu ini tidak dilaporkan terjadi hujan di Pos Pengamatan Gunung Merapi. Tidak dilaporkan terjadi lahar maupun penambahan aliran di sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi," kata Agus Budi.

BPPTKG melaporkan bahwa pada pekan ini Gunung Merapi mengeluarkan 13 kali guguran lava ke arah Kali Bebeng.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News