Hakim Agung Kena OTT KPK, Lihat Apa yang Dilakukan Aktivis Jogja, Nyelekit

Jumat, 23 September 2022 – 14:45 WIB
Hakim Agung Kena OTT KPK, Lihat Apa yang Dilakukan Aktivis Jogja, Nyelekit - JPNN.com Jogja
Aksi tunggal sapu uang di depan Kantor Pengadilan Negeri Yogyakarta oleh Baharuddin Kamba pada Jumat (23/9). Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Aktivis Jogja Corruption Watch (JCW) Baharuddin Kamba melakukan aksi sapu uang di depan Kantor Pengadilan Negeri (PN) Yogyakarta pada Jumat (23/9).

Ia menyapu sejumlah uang mainan sebagai simbol bersih-bersih dengan mata tertutup lakban hitam.

Aksi tunggal yang ia lakukan merupakan respons atas Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK terhadap Hakim Agung Sudrajad Dimyati. 

Menurut Kamba, aksi ini merupakan dukungan kepada KPK agar membersihkan praktik korupsi di institut peradilan. 

"Ini momentum bersih-bersih di tubuh MA. Khususnya juga hakim-hakim di daerah. Jangan sampai kasus seperti ini terjadi lagi," kata Kamba.

Ia berharap ke depan rekrutmen calon hakim bisa lebih ketat lagi untuk meminimalisir terjadinya tindak pidana suap.

Kemudian, aksi ini juga sebagai peringatan kepada hakim yang menangani kasus izin pembangunan pada masa jabatan Wali Kota Haryadi Suyuti

"Kami mengingatkan hakim atau majelis yang menangani kasus Royal Kedhaton agar benar-benar bersih dari perilaku korupsi dan suap," katanya.

Aktivis Jogja Corruption Watch Baharuddin Kamba melakukan aksi menyapu sejumlah uang di depan Pengadilan Negeri Yogyakarta pada Jumat (23/9).
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News