Disdukcapil Sleman Akan Keliling Sampai ke Kecamatan, Ada Program Penting

Rabu, 28 September 2022 – 11:10 WIB
Disdukcapil Sleman Akan Keliling Sampai ke Kecamatan, Ada Program Penting - JPNN.com Jogja
Proses digitalisasi identitas kependudukan di Sleman. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, SLEMAN - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman akan keliling sampai ke tingkat kecamatan untuk mempercepat proses aktivasi identitas kependudukan digital.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sleman Susmiarto mengatakan digitalisasi identitas kependudukan sangat penting dilakukan untuk mempermudah layakan kepada masyarakat.

Dengan adanya aplikasi Identitas Kependudukan Digital, masyarakat bisa mengkases dokumen-dokumen penting melalui ponsel pintar.

Kegiatan jemput bola itu telah dimulai oleh Disdukcapil Sleman di Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman pada Selasa (27/9).

Menurut Susmiarto, digitalisasi data kependudukan merupakan implementasi dari Permendagri No 72/2022 tentang Standar dan Spesifikasi Perangkat Keras, Perangkat Lunak, dan Blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik Serta Penyelenggaraan Identitas Kependudukan Digital.

Setelah dari Sekretariat Pemkab Sleman, secara bertahap Disdukcapil akan keliling ke lingkungan Pemkab Sleman lainnya hingga ke tingkat kecamatan.

"Akan kami laksanakan bertahap sejak September 2022. Tahun depan targetnya masyarakat," ucap dia,

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Sleman Endang Multasih mengatakan layanan aktivasi identitas kependudukan akan mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

Disdukcapil Sleman akan keliling untuk mengaktivasi layanan digitalisasi indentitas kependudukan. Untuk apa?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News