Mencari Dokumen Fisik IMB di Kota Jogja Lebih Mudah, Tinggal Klik, Berkas Tertemu

Minggu, 09 Oktober 2022 – 11:21 WIB
Mencari Dokumen Fisik IMB di Kota Jogja Lebih Mudah, Tinggal Klik, Berkas Tertemu - JPNN.com Jogja
Arsip IMB di Kota Yogyakarta. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Yogyakarta memiliki cara baru dalam menyimpan dokumen fisik izin mendirikan bangunan (IMB) yang selama ini sudah terbit.

Dokumen-dokumen fisik IMB itu akan ditanami cip dan diintegrasikan dengan sistem digital.

Pelaksana Tugas Kepala DPMPTSP Kota Yogyakarta Octo Noor Arafat mengatakan pemanfaatan teknologi digita itu bertujuan agar memudahkan proses pencarian dokumen fisik IMB.

Ribuan dokumen IMB yang sudah terbit itu terlebih dahulu akan dikelompokkan per kecamatan untuk kemudian diberi label dengan memanfaatkan aplikasi sistem arsip digital.

Cip yang sudah ditanam di dokumen itu akan dihubungkan dengan aplikasi sehingga akan berbunyi saat nomor dokumen IMB itu diinput.

"Dengan bunyi tersebut, petugas akan mudah mencari dokumen yang dibutuhkan hanya dalam hitungan detik," katanya.

Octo mengatakan sistem digitalisasi dokumen fisik IMB itu baru 80 persen. Mereka berharap semuanya akan rampung akhir tahun ini.

Menurut dia, berkas fisik IMB yang didigitalisasi adalah dokumen model lama yang tidak dapat dihapuskan sehingga tetap harus disimpan dengan baik.

Pemkot Yogyakarta merancang sistem baru untuk memudahkan pencarian dokumen fisik IMB yang selama ini sudah terbit. Begini caranya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News