Musim Hujan, Warga Yoyakarta Diminta Mewaspadai Ular Masuk Rumah

Selasa, 11 Oktober 2022 – 21:02 WIB
Musim Hujan, Warga Yoyakarta Diminta Mewaspadai Ular Masuk Rumah - JPNN.com Jogja
Petugas mengevakuasi ular saat saat masuk ke rumah. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Saat musim hujan, potensi kejadian ular masuk ke rumah atau permukiman warga biasanya meningkat.

Hal itu disebabkan habitat ular di gorong-gorong yang terendam air sehingga hewan melata itu mencari tempat yang lebih nyaman.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Yogyakarta meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan saat musim hujan.

Kepala Seksi Operasional Pengendalian dan Pemadam Kebakaran DPKP Kota Yogyakarta Mahargyo meminta masyarakat untuk menghubungi petugas jika melihat ular masuk ke permukiman.

Pada bulan ini, kata Mahargyo, DPKP sudah mengevakuasi enam ular yang masuk ke rumah warga. Jenis ular yang dievakuasi di antaranya adalah sanca, ular tikus dan piton.

Pada 2 Oktober, petugas DPKP mengamankan ular piton sepanjang dua meter dari rumah warga di Sagan. Ular tersebut masuk ke rumah setelah hujan deras.

Pada 5-6 Oktober, petugas mengevakuasi tiga ular yang masuk ke rumah warga bahkan seekor ular piton masuk ke bodi sepeda motor dan melilit rangka motor.

Pada Selasa (11/10), petugas kembali mendapat panggilan dari warga untuk mengevakuasi ular cicak yang masuk ke rumah warga di Umbulharjo. Ular tersebut berukuran kecil dan kerap memangsa cicak.

Warga Yogyakarta diminta waspada terhadap kejadian ular masuk rumah saat musim hujan. Jika melihat ular, segera hubungi Dinas Pemadam Kebakaran terdekat.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News