Pakar UGM Mengkritisi Pemerintah Soal Larangan Penggunaan Obat Sirop

Minggu, 23 Oktober 2022 – 10:10 WIB
Pakar UGM Mengkritisi Pemerintah Soal Larangan Penggunaan Obat Sirop - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Obat sirop. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kementerian Kesehatan RI melarang penggunaan semua obat sirop untuk sementara waktu karena diduga memicu kasus gagal ginjal akut pada anak-anak.

Untuk sementara, anak-anak yang sakit dianjurkan untuk meminum obat-obatan lainnya seperti kapsul atau tablet.

Pakar Farmakologi dan Farmasi Klinik Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Zullies Ikawati mengkritisi kebijakan pemerintah yang memukul rata penggunaan obat sirop.

"Memang saat ini risiko terjadinya gagal ginjal akut sepertinya dianggap lebih besar dengan penggunaan sirop sehingga disarankan penghentiannya, tetapi harusnya tidak digebyah uyah (disamaratakan) ya," kata Zullies, Sabtu (22/10).

Menurut dia, pelarangan penggunaan obat dalam bentuk sirop untuk semua pengobatan menjadi keputusan yang sangat dilematis sebab banyak digunakan untuk anak-anak yang belum bisa menelan obat bentuk tablet atau kapsul.

Selain itu, penghentian penggunaan obat sirop ini akan berdampak bagi anak-anak penderita penyakit kronis yang harus minum obat rutin berbentuk sirop dimana dalam penggunaannya selama ini tidak menimbulkan efek samping membahayakan.

"Misalnya, anak dengan epilepsi yang harus minum obat rutin, maka ketika obatnya dihentikan atau diubah bentuknya bisa saja menjadikan kejangnya tidak terkontrol," ujar dia.

Karena itu, ia berharap pelarangan itu perlu diatur dengan bijaksana dengan tetap mempertimbangkan risiko dan manfaat penggunaanya.

Pakar Fakamakologi UGM mengkritisi keputusan pemerintah yang melarang penggunaan obat sirop. Ada apa?
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia